Internetworking

Menyambungkan komputer demgan komputer lain dapat dilakukan dengan cara langsung menggunakan kabel jaringan ataupun dengan peralatan tambahan. Jika Anda ingin menyambungkan beberapa komputer didalam satu ruangan sudah pasti Anda memerlukan peralatan penyambung seperti hub atua switch.

Hub maupun switch mempunyai kemampuan untuk menyambungkan pada jarak yang berdekatan kapasitas bandwith mulai dari 10 Mbps sampai 1000 Mbps. Namun sayang kecepatan tinggi tersebut hanya dinikmati didalam ruangan saja (local area network – LAN). Untuk menyambungkan ruangan Anda dengan dunia luar Anda memerlukan peralatan yang disebut router.

Berhubungan denagn dunia luar atau Internet berarti Anda akan menghadapi Internetworking yang memiliki prinsip dasar sebagai berikut :
 Pengalamatan secara konsisten
 Memiliki topologi jaringan yang memiliki pengalamatn
 Pemilihan jalur pengiriman data (teresterial , gelombang mikro, sateliat, fiber optic dan lainnya)
 Penggunaan routing static maupun dinamik
 Menyambungkan berbagai tempat secara online tanpa keterbatasan waktu penyambungan.

Router adalah peralatan yang bekerja pada layer 3 OSI dan sering digunakan menyambungkan jaringan luas (Wide Area Network-WAN) atau untuk melakukan segmentasi layer 3 di LAN. WAN seperti halnya LAN juga beroperasi dilayer 1,2 dan 3 OSI sehingga router yang digunakan untuk menyambungkan LAN dan Wan harus mampu mendukung

Sumber : Buku “Mengenal dan Menggunakan Mikrotik WINBOX”