Kadang kita ingin mencoba suatu sistem operasi lain di dalam komputer kita tanpa harus menghapus sistem operasi yang kita gunakan sekarang.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan. Namun menurut pengalaman penulis (red-entah kalo orang lain), ada satu cara yang paling mudah.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Persiapkan sebuah hardisk yang menurut anda cukup untuk sistem operasi yang akan anda install. Disini penulis memakai HD 20GB (hardisk yang cukup murah utk saat ini)
2. Siapkan CD Sistem Operasi yang akan dipasang (Mis. Win98, WinXP, Win2000 & Red Hat 9)
3. Siapkan Software PowerQuest Partition Magic 7 atau 8.
4. Perlu kita persiapkan terlebih dahulu metode penempatan OS ke dalam partisi HD kita. Penulis saat ini (sebelum dibuat multi operasi) menggunakan Win98, dengan 2 partisi (3gb utk Win98 & 17Gb utk DATA). Perlu diperhatikan disini partisi 17Gb yang akan kita pasang beberapa OS.
5. Masuklah ke Windows 98 seperti biasa. Instal Program PQ PArtition MAgic 7.
6. Bagilah Partisi 17 Gb menjadi beberapa partisi lagi dengan software tersebut. (Penulis membagi menjadi 4 partisi lagi; Partisi I sebesar 4Gb, Partisi II sebesar 4Gb, Partisi III sebesar 7Gb dan 2Gb utk Partisi IV).
7. Partisi I digunakan untuk WinXP, Partisi II utk WinServer2000, Partisi III utk RedHat 9, dan 2Gb untuk Data.
8. Jadikan (menggunakan PQ Partition Magiq 7) Partisi I – III menjadi Primary (Ingat! hanya partisi I-III, utk yang 2Gb tetap menjadi secondary). Kemudian Apply, terus ikuti perintah PQ P. MAgic 7 tsb sampai anda disuruh Restart.
9. Setelah proses selesai, Apabila Anda lihat sekarang di Windows Explorer Win98 terdapat 2 PArtisi yaitu Win98 sebesar 3Gb, dan 2Gb untuk data. Jangan khawatir partisi yang lain hanya di-hidden, karena sekarang kita meng-aktifkan partisinya Win98.
10. Cari File PQboot.exe di Tempat anda install PQ Partition MAgic, lalu Copy File tersebut ke Partisi Data (2Gb) Anda.