Menjelajah Web
Pada bab ini Anda akan mempelajari cara:
 Menjelajah Internet dengan browser.
 Berkoneksi ke Internet.
 Mencetak halaman Web.
 Menyimpan halaman Web.
Hampir setiap orang pernah mendengar Internet, dan sebagian besar orang tahu bahwa http://www.dan dotcom berkaitan dengan halaman Web. Tetapi Internet lebih dari sekedar alamat halaman Web. Dengan Internet, Anda dapat membaca laporan berita terbaru, memesan tiket pesawat, mendengarkan musik, mengirim dan menerima pesan elektronik, mendapatkan laporan cuaca, berbelanja, melakukan riset, dan banyak lagi.
Apak perbedaan antara Internet dan World Wide Web? Internet merupakan jaringan komputer, kabel, router, dan software serta harware lain yang saling terhubung dan bekerja dalam satu jaringan. World Wide Web terdiri dari dokumen-dokumen yang ditransmisikan melalui hardware Internet. Web tersusun dari halaman Web dan situs Web. Halaman Web adalah dokumen berformat khusus yang dapat mencakup teks, gambar, hyperlink, audio, animasi, dan video. Situs Web adalah sekumpulan halaman Web.
Informasi hadir dalam banyak bentuk di Internet. Untuk menjelajah dan membaca, menampilkan pemandangan atau mendengarkan suara, Anda perlu program bernama browser. Pada bab ini, Anda akan belajar tentang halaman Web, cara menggunakan browser Microsoft®, Microsoft Internet Explorer, dan cara menjelajah Internet dengan mengikuti link antar halaman Web.
Apakah Browser Itu?
Browser adalam program yang menampilkan file berformat HTML (Hypertext Markup Language) (bukan file .doc atau .txt yang ditampilkan program pengolah kata Anda). File tersebut dapat berada di World Wide Web atau di komputer Anda. File berformat HTML disebut halaman Web karena mereka adalah “halaman” yang Anda tampilkan saat menjelajah Internet. Browser juga membuka halaman berikutnya yang Anda pilih ketika Anda mengklik teks link pada halaman Web. Situs Web adalah kumpulan halaman yang saling terhubung.
Ketika Anda membuka alamat Web atau mengklik hyperlink, Anda memicu sederet event. Pertama Anda meminta browser membuka dokumen yang Anda inginkan Lalu browser menghubungi komputer yang menyimpan dokumen itu. Setelah komputernya diketahui, browser mendownload dokumen ke komputer Anda. Browser menyalin dan mentransfer data halaman Web dari komputer yang menyimpannya ke komputer Anda. Browser lalu menerjemahkan datanya dan menampilkan halaman Web tersebut di layar Anda.
Membuat halaman Web merupakan tugas mudah. Selain dengan program pembuat halaman Web seperti Microsoft FrontPage®, banyak program lain, termasuk Microsoft Word, memungkinkan Anda mengetikkan informasi seperti halnya menulis surat atau dokumen, menambah gambar atau suara, lalu menyimpannya dalam format HTML. File HTML berisi kode khusus yang memberitahu browser cara menampilkan kata atau gambar yang telah ditambahkan ke halaman tersebut.
Anda dapat membuat file HTML di komputer Anda, tetapi tak ada yang dapat melihatnya kecuali Anda menempatkan halaman tersebut di server. Server adalah komputer yang diset sehingga orang lain dapat menggunakan komputer mereka untuk mengakses info yang disimpannya. ISP (Internet service provider) Anda mengelola server, memberikan Anda tempat untuk menyimpan halaman Web yang Anda ingin dilihat orang lain.
Apa yang Kita Browse, Di Mana Kita Mem-browse?
Ketika Anda terhubung ke Internet dan membuka browser, jendela browser membuka halaman Web. Ada jutaan halaman Web tersedia di World Wide Web. Isi dan gaya halaman-halaman ini berkisar dari humor anak sekolah sampai komentar politik kelas atas. Setiap orang bisa membuat halaman Web, dan keragaman halaman yang ada merupakan buktinya. Anda juga bisa membuatnya sendiri, jika Anda tertarik.
World Wide Web sebenarnya merupakan kumpulan halaman Web di dunia. Web benar-benar global. Ketika Anda mulai menjelajah, Anda mungkin mendapati diri Anda melompat-lompat antar situs-situs yang ada di server-server yang tersebar di benua berbeda. Petualangan Anda bisa membawa Anda keliling dunia–tidak dalam 80 hari, tetapi hanya 80 detik.
Catatan
Sebuah situs Web yang memiliki beberapa halaman mungkin juga memiliki halaman home (home page). Home page sebuah seitus Web berperan sebagai daftar isi untuk apa yang tersedia di situs tersebut.
Alamat Web: Bagaimana Mengartikannya?
Alamat Web umumnya disebut URL (yang dibaca “U-R-L” tetapi Anda mungkin juga membacanya “earl.”) URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator. Setiap halaman Web memiliki alamat unik, sehingga Anda selalu bisa mencari halaman favorit dan mengunjunginya lagi di lain waktu. Seperti yang Anda lihat dari setiap URL, ada sejumlah standar dalam penamaannya untuk memberikan Anda informasi awal mengenai apa yang akan Anda dapatkan dari alamat tersebut. Misalnya, sebuah alamat Web dapat diakhiri dengan nama domain yang lebih tinggi. (Domain kira-kira mirip dengan kategori.) Anda akan menemui alamat-alamat dengan nama domain seperti pada tabel berikut ini.
Nama Domain Tingkat Tinggi Apa yang Ditunjukkannya
.com Alamat komersial
.gov Pemerintah federal AS
.int Internasional
.mil Militer
.net Penyedia jaringan
.org Organisasi non-profit
Sejumlah nama domain menunjukkan negara asalnya (www.culture.fr). Tabel berikut menampilkan contoh daftar kode negara tersebut.
Nama Domain Negara Negara Asal
.au Australia
.ca Kanada
.fr Perancis
.cn China
.il Israel
.it Italia
.jp Jepang
.uk Inggris
.in India
Menjelajah Internet Menggunakan Browser
Dua browser terpopuler saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Sebagian besar komputer mendukung kedua browser, tetapi di sini kita menggunakan Internet Explorer.
Ada beberapa cara mudah untuk membuka Internet Explorer. Inilah dua diantaranya:
Klik ganda ikon Internet Explorer di desktop Anda.
Buka menu Start dan pilih Internet Explorer dari daftar program Anda.
Jika Anda tidak terhubung ke Internet ketika membuka Internet Explorer, browser ini akan secara otomatis men-dial untuk Anda. Ketika proses dial-up/koneksi selesai, Internet Explorer muncul, menampilkan home page Anda, yaitu home base Internet Anda.
Anatomi Jendela Browser
Jendela browser, seperti jendela lainnya, memiliki baris judul, baris menu, dan toolbar. Baris judul mencakup tombol Minimize, Maximize, dan Close. Toolbar tampak berbeda dari, misalnya, Word karena kedua program ini memiliki kegunaan berbeda. Tetapi seperti toolbar Word, toolbar Standard Internet Explorer memberikan Anda akses ke opsi program yang paling sering digunakan. Baris menu mencakup opsi-opsi unik sesuai fungsi browser tersebut. Kita akan membahas toolbar Standard di bagian selanjutnya pada bab ini.
Anda dapat mengubah home page Anda sesuai keinginan. (Kami akan menunjukkan caranya pada bagian selanjutnya bab ini.) Ilustrasi berikut menampilkan home page, dalam hal ini, Microsoft.com.

Jendela browser mencakup baris Address yang menampilkan alamat lokasi Anda saat ini. Anda selalu bisa mengetikkan alamat baru pada field Address untuk membuka situs Web lain. Kita membahasnya nanti di bagian selanjutnya.
Terakhir, di bagian bawah jendela ada baris status. Ketika Anda membuka halaman atau situs Web, Internet Explorer mungkin membutuhkan waktu untuk mengakses halaman tersebut dan menampilkannya untuk Anda. Baris status menunjukkan perkembangan prosesnya.
Tip
Ketika Anda mengunjungi halaman baru, pastikan Anda mendapatkan gambaran lengkapnya. Jika sebuah scroll bar muncul di sisi kanan, itu berarti halaman tersebut lebih panjang dari yang bisa ditampilkan layar Anda. Gulunglah ke bawah untuk melihat informasi lain yang tersedia.
Halaman Web: Yang Menarik dan Yang Tidak
Ketika Anda mengunjungi halaman Web, home page situs tersebut mungkin merupakan puncak gunung es, jadi pastikan untuk memeriksa hyperlink apa yang tersedia. Hyperlink adalah area atau spot pada halaman Web yang, ketika diklik, membawa Anda ke halaman Web lain atau bagian lain dari halaman Web yang sedang dibuka, sesuai yang ditentukan pada link itu. Untuk mencari hyperlinks pada sebuah halaman wen, gerakkan mouse Anda di layar. Ketika kursor berubah menjadi gambar tangan menunjuk, berarti Anda menemui sebuah link. Link dapat ditemukan dalam teks (biasanya dengan warna berbeda), pada gambar, bahkan pada ruang kosong, jadi dibutuhkan ketelitian.
Tip
Mungkin ada saat ketika Anda ingin mengklik sebuah hyperlink, tetapi Anda belum selesai menampilkan halaman yang sedang dibuka. Dalam kasus ini, Anda bisa membuka dokumen yang dirujuk hyperlink tersebut pada jendela terpisah. Dengan cara ini, Anda memiliki dua jendela Internet Explorer—satu menampilkan dokumen asli dan satu lagi menampilkan dokumen yang dirujuk oleh hyperlink. Untuk menampilkan dokumen yang dilink dalam jendela browser terpisah, tekan tombol Shift saat mengklik hyperlink.
Menavigasi Menggunakakan Toolbar Standard dan Keyboard
Dengan mengklik hyperlink beberapa kali, Anda bisa bertualang cukup jauh di World Wide Web. Bertualang ke tujuan-tujuan yang dekat dan jauh merupakan bagian menyenangkan dari Web, tetapi juga akan membuat Anda frustrasi jika browser tidak memberikan perangkat navigasi yang bagus. Di sinilah peran toolbar Standard. Internet Explorer memberikan Anda perangkat yang dibutuhkan untuk secara efektif menjelajah Web tanpa tersesat. Toolbar ini ditampilkan pada ilustrasi berikut, dan tombolnya dijelaskan pada daftar yang mengikuti ilustrasi tersebut. Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk menavigasi; shortcut-shortcut tersebut ditampilkan dalam tanda kurung.
Versi baru Internet Explorer mungkin memiliki tombol dan feature baru atau modifikasi, jangan panik jika yang ada di komputer Anda tak dijelaskan di sini.

Back. Tombol Back mengembalikan Anda ke halaman sebelumnya. Anda bisa mengklik tombol Back berulang kali untuk menelusuri halaman yang pernah Anda kunjungi. Tombol Back hanya kembali ke situs yang dikunjungi dalam sesi yang sama. (Untuk menelusuri dengan keyboard, tekan Backspace atau Alt+Panah Kiri.)
Forward. Tombol Forward membalikkan aksi tombol Back. Jika Anda kembali ke terlalu banyak halaman, tombol Forward membawa Anda maju ke halaman yang Anda buka sebelumnya. Tombol ini hanya maju ke situs-situs yang pernah Anda kunjungi dalam sesi yang sama. (Untuk maju dengan keyboard, tekan Alt+Right Arrow.)
Tip
Anda bisa mengklik panah drop-down pada tombol Back dan Forward untuk memilih situs-situs yang telah Anda kunjungi dalam sesi yang sama.
Stop. Tombol Stop menghentikan pembukaan halaman yang sedang dilakukan. Ketika sebuah halaman membutuhkan waktu terlalu lama untuk dibuka, atau itu bukan halaman yang Anda inginkan, mengklik Stop akan menghemat waktu Anda. (Tekan Esc untuk menghentikan pembukaan halaman yang sedang dilakukan.)
Refresh. Tombol Refresh memanggil kembali halaman yang sedang dibuka. Jika Anda tertarik dengan halaman yang mencakup informasi yang selalu diperbarui—harga saham real-time, misalnya—tombol Refresh memperbarui layar dengan informasi terbaru yang tersedia. (Untuk memperbarui halaman dengan keyboard, tekan F5.)
Home. Tak peduli di manapun Anda berada, tombol Home membawa Anda kembali ke home page Anda, halaman yang dibuka Internet Explorer pertama kali. (Tekan Alt+Home.)
Search. Tombol Search membantu Anda mencari subyek tertentu. (Tekan Ctrl+E untuk membuka baris Search.)
Favorites. Tombol Favorites menampilkan daftar situs Web yang bisa Anda kunjungi tanpa mengetikkan URL. (Tekan Ctrl+I untuk membuka baris Favorites.)
History. Tombil History menampilkan semua situs yang pernah Anda kunjungi, disortir sesuai tanggal. Jika Anda mengklik sebuah entri, situs itu akan dibuka. (Tekan Ctrl+H untuk membuka baris History.)
Channels. Tombol Channels menawrakan beragam pilihan situs Web, diketegorikan berdasarkan topik.
Full Screen. Tombol Full Screen menampilkan halaman Web yang dimaksimalkan tanpa menampilkan menu. (Tekan F11 untuk berpindah antara Full Screen dan tampilan normal.)
Mail. Tombol Mail membantu Anda mengelola e-mail.
Print. Tombol Print memungkinkan Anda mencetak halaman Web yang sedang dibuka. (Tekan Ctrl+P.)
Edit. Tombol Edit memungkinkan Anda mengedit halaman yang sedang ditampilkan menggunakan software Notepad.
Find. Walaupun tidak ada tombol Find pada toolbar Standard, Anda bisa menekan Ctrl+F untuk mencari teks pada sebuah halaman.
Mengubah Home Page Anda
Setiap kali membuka Internet Explorer, Anda membuka home page. Tetapi apakah Anda sudah puas dengan home page tersebut? Mengubah home page bisa dilakukan dengan mudah. Bukalah menu Tools dan pilih Internet Options. Kotak dialog Internet Options muncul, seperti pada ilustrasi berikut.

Masukkan alamat home page yang Anda inginkan pada field Home Page Address dan klik OK. Selesai. Di lain waktu jika Anda mengklik tombol Home atau membuka Internet Explorer, home page baru Anda akan ditampilkan.
Berkoneksi ke Internet
Sebelum bisa menggunakan apapun di Internet, Anda harus bisa berkoneksi ke Internet dari komputer Anda. Jika Anda merupakan bagian dari perusahaan atau organisasi besar, atau di kelas, komputer Anda mungkin memiliki koneksi langsung ke Internet. Tetapi, jika Anda bekerja dari rumah atau jika Anda bekerja untuk organisasi yang tidak memberikan layanan Internet, Anda harus berlangganan ke Internet Service Provider (ISP). ISP adalah perusahaan yang memiliki komputer yang bisa terhubung langsung ke Internet. Anda menghubungi ISP dan membuat koneksi ke Internet melalui komputer mereka.
Memilih ISP
Ada banyak ISP. Ada yang kecil dan perusahaan lokal, ada juga perusahaan multinasional. Semua ISP bagus menyediakan layanan yang sama─Anda tak perlu menggunakan ISP besar untuk membuat koneksi Internet multinasional. Perbedaan dalam biaya antara ISP biasanya berdasarkan tipe dan kualitas layanan yang mereka tawarkan. Inilah yang bisa Anda dapatkan dari ISP Anda:
Layanan akses dial-up ke Internet (akses ke Web)
Akses dari rumah (dengan nomor toll free atau telepon lokal berbayar)
E-mail
Usenet News (akses newsgroup)
Layanan host untuk halaman Web Anda, jika Anda ingin membuatnya
Dukungan teknis
Perusahaan penyedia jasa terbagi dalam dua kelas: terkenal dan tidak terkenal. Setiap kelas memiliki kelebihan dan kekurangan, dan Anda harus memilihnya sesuai kebutuhan..
Catatan
Internet itu gratis. Biaya bulanan ISP Anda bukanlah biaya menggunakan Internet. Itu merupakan biaya untuk memfasilitasi koneksi Anda ke Internet
Dial-up vs. Broadband
Ketika memilih ISP, Anda perlu memastikan bahwa ISP Anda bisa menangani kebutuhan Anda. Seperti halnya setiap ISP bisa menangani koneksi dial-up. Modem dial-up merupakan cara paling sederhana dan paling lambat untuk berkoneksi ke Internet. Walaupun tidak menjadi masalah untuk sebagian besar aplikasi Internet, segala sesuatu yang membutuhkan banyak transfer informasi, seperti siaran langsung audio atau video, animasi grafis besar, atau game interaktif, mungkin tidak bisa bekerja dengan lancar di komputer Anda.
Metoda koneksi lain, seperti DSL, modem kabel, satelit, dan ISDN, menwarkan koneksi Internet yang lebih cepat. Koneksi yang lebih cepat ini biasanya disebut koneksi broadband. Koneksi ini memungkinkan siaran langsung audio dan video, serta aplikasi intreaktif. Tetapi, koneksi broadband tak tersedia di semua tempat. Keterbatasan peralatan mungkin membuat koneksi broadband tak tersedia di daerah Anda. Dan bahkan walaupun koneksi broadband tersedia, sebagian besar ISP menarik biaya lebih mahal untuk koneksi broadband dibandingkan koneksi dial-up sederhana.
Tak semua ISP menawarkan dukungan untuk setiap tipe koneksi. Anda harus memastikan ISP yang Anda pilih mendukung tipe koneksi yang Anda gunakan
Bayar Atau Gratis
Seperti telah disebutkan, ISP beragam dalam dukungan dan biayanya. Bahkan, sejumlah ISP memberikan akses Internet gratis atau murah. Sebagian menawar-kan layanan dial-up gratis, dan biaya bulanan murah untuk broadband. Sebagai kompensasi akses gratis, ISP menampilkan iklan sebagai bagian browser Anda. ISP ini mungkin merekam informasi mengenai Anda dan menjual data itu ke pengiklan. Selain itu, ISP gratis mungkin mengurangi sejumlah fasilitasnya. Misalnya, layanan konsultasi hanya sebatas file help online, tanpa seseorang yang membantu Anda ketika ada masalah dengan sistem Anda.
Jika telah memiliki akses ke Internet, Anda bisa mencari beragam ISP menggunakan browser dan mencarinya di bagian “free Internet.” Di Amerika Utara, jika tak memiliki akses ke Internet, Anda bisa mendapat layanan ujicoba gratis dari ISP berbasis Web (AOL, MSN, or Earthlink, misalnya). Masa ujicoba merupakan cara yang bagus untuk mencoba ISP yang ingin Anda langgani di masa depan.
ISPs that charge a larger fee usually offer more services, including support
for faster connections, better user assistance in case of problems, fewer advertisements, and filters to reduce advertisements from other Web sites. You need to determine which ISP is most appropriate for your use based on your particular needs.
Bekerja Offline
Seringkali Anda mungkin ingin memutuskan saluran telepon atau data Anda saat terhubung ke Internet. Tetapi, informasi yang Anda inginkan disimpan pada halaman Web tertentu.
Misalnya, Anda mungkin memiliki daftar siswa yang terlibat dalam sebuah proyek sekolah dan informasi kontak orangtua mereka. Untuk kenyamanan siswa dan orang tua (pengaturan, perencanaan, dan sebagainya) informasi ini dibagipakai antar semua siswa yang terlibat proyek tersebut. Anda bisa membuat daftar siswa dan informasi kontak mereka lalu menempatkannya di sebuah situs Web, yang aman, untuk informasi mengenai proyek tersebut.
Jika menjadi koordinatornya, Anda mungkin membutuhkan informasi ini secara reguler. Ketimbang men-dial Internet dan mengakses situs ini setiap kali, Anda bisa meminta browser untuk menyediakan informasi ini secara offline. Browser lalu membuat salinan halaman Web yang sedang dibuka dan mentransfer salinannya ke hard disk Anda. Di lain waktu, jika memerlukan informasi tersebut Anda bisa menggunakan browser untuk mengaksesnya. Ketika diminta berkoneksi ke Internet, Anda memiliki opsi untuk memberitahu browser untuk bekerja offline. Ketika memilih opsi ini, browser akan menampilkan salinan halaman tersebut dengan informasi yang Anda butuhkan.
Ingat, halaman Web ini hanyalah salinan dari versi halaman Web yang terakhir kali Anda buka ketika mengaksesnya. Jika halaman Web utamanya telah berubah atau informasi di dalamnya berubah, Anda tak akan melihat perubahannya pada versi offline kecuali Anda mengakses versi onlinenya lagi.
Mencetak Halaman Web
Internet Explorer memungkinkan Anda mencetak halaman Web dalam berbagai cara. Anda bisa mencetak seluruh isi halaman Web atau item tertentu saja. Anda juga bisa mencetak frame dan dokumen yang di-link atau mencetak daftar link (tetapi opsi ini tak dibahas secara detail pada bab ini.)
Ketika mencetak seluruh isi, Anda melakukannya dengan mengklik menu File lalu mengklik Print untuk menampilkan kotak dialog Print (seperti ditampilan pada ilustrasi berikut ini). Atau Anda bisa mengklik tombol Print pada toolbar.

Secara default, Internet Expl;orer tak mencetak latar belakang halaman Web. Latar belakang adalah warna, tekstur, atau gambar yang muncul di belakang teks dan gambar pada halaman Web. Mencetak latar belakang halaman bisa membuang waktu dan tinta printer, serta membuat hasil yang sulit dibaca. Jika ingin mencetak latar belakang, Anda harus menampilkan menu Tools, mengklik Internet Options, mengklik tab Advanced, lalu mengklik kotak cek Print Background Colors And Images, kemudian mengklik OK.
Penting
Komputer Anda harus terhubung ke printer untuk menyelesaikan latihan di bab ini. Di samping itu, Anda harus memastikan printer tersebut dihidupkan.

Perhatikan Hak Cipta
Proteksi hak cipta di Internet merupakan isu yang penting. Untuk amannya, asumsikan semua material yang ada di dokumen Internet memiliki hak cipta. Ini berarti Anda bisa mencetak material untuk penggunaan pribadi, tetapi tak bisa menggunakannya untuk didistribusikan tanpa ijin. Jika Anda ingin menggunakan material, seperti foto dari halaman Web Lakewood Mountains Resort, mintalah ijin dari “Webmaster” situs tersebut atau hubungi kontak yang dicantumkan pada halaman tersebut.
Kadangkala, Anda menemui situs yang menawarkan gambar atau material gratis. Misalnya, ada sejumlah situs yang memberikan ikon, pola latar belakang, dan lainnya untuk digunakan tanpa ijin. Dalam kasus ini, Anda bebas menyalin menggunakan sumberdaya tersebut.
Mencetak Halaman Web
Dalam latihan ini, Anda mencetak home page Microsoft.com
1 Jika perlu, jalankan Internet Explorer.
2 Pada baris Address, ketikkkan microsoft.com, dan tekan Enter.
3 Home page Microsoft.com muncul.
4 Pada menu File, klik Print.
5 Kotak dialog Print muncul.
6 Pada bagian Page Range, pilih halaman yang akan dicetak lalu klik tombol OK.
7 Halaman pertama home page Microsoft.com segera dicetak.
Mencetak Item Tertentu
Pada latihan ini, Anda hanya mencetak halaman pertama home page Microsoft Press.
1 Pada baris Address, ketikkan microsoft.com/mspress, lalu tekan Enter.
2 Pilih paragraf pertama dari teks di bagian atas halaman tersebut.
3 Pada menu File, klik Print.
4 Kotak dialog Print muncul.
5 Pada area Print Range, klik opsi Selection.
6 Klik OK.
Teks yang dipilih dicetak.
7 Klik di manapun pada halaman Web tersebut untuk menghilangkan pilihan pada teksnya.
Menyimpan Halaman Web
Halaman Web berisi tag format Hypertext Markup Language (HTML), gambar, dan file multimedia. Tag format HTML digunakan untuk memformat teks, memanipulasi gambar, menambah warna latar belakang, dan mengkustomasi halaman Web. Karena sebuah halaman Web bisa berisi banyak file terkait (setiap gambar pada halaman Web adalah file terpisah yang dihubungkan ke dokumen teks halaman itu), Anda bisa memilih untuk menyimpan halaman Web dalam empat cara:
Menyimpan halaman Web secara lengkap. (Menyimpan file HTML dan semua file tambahan, seperti gambar, yang ada di halaman itu.)
Menyimpan arsip halaman Web. (Menyimpan semua halaman Web sebagai satu file yang tak bisa diedit.)
Menyimpan hanya dokumen HTML (Menyimpan tag format HTML tetapi tak menyimpan file yang terkait.)
Menyimpan hanya teks yang muncul pada halaman Web.
Ketika Anda menyimpan halaman Web secara lengkap, Internet Explorer secara otomatis membuat folder dengan nama yang sama seperti file yang disimpan. Folder ini juga disimpan pada lokasi yang sama seperti file yang disimpan. Ketika Anda membuka halaman Web tersebut, Internet Explorer membuka, dan semua elemen yang muncul pada halaman tersebut, seperti halnya Anda membukanya secara online.
Ketika Anda menyimpan halaman Web sebagai file arsip, Anda menyimpan seluruh halaman tanpa membuat folder terpisah untuk menampung elemen tambahan halaman Web tersebut. Anda bisa membuka file arsip tersebut untuk menampilkan seluruh halaman Web tersebut di hard disk Anda, tetapi Anda tak bisa mengubah halaman Web tersebut dengan cara apapun, Anda juga tak bisa mengakses komponen tertentu dari halaman Web yang disimpan, seperti file gambarnya. Berhati-hatilah ketika menyimpan arsip file sebagai satu file, dibutuhkan lebih banyak ruang hard disk dibandingkan menyimpannya secara lengkap.
Ketika menyimpan file HTML, Anda tak menyimpan gambar dan elemen tambahan lainnya. Anda bisa membaca teks yang telah diformat, tetapi tak bisa menampilkan gambarnya karena tak disimpan di hard disk Anda.
Terakhir, ketika menyimpan halaman Web sebagai fiel teks, Anda hanya menyimpan teks yang muncul pada halaman tersebut tanpa tag HTML. Teks yang disimpan tak akan menyertakan format, gambar, atau elemen apapun.
Penting
Jika Anda menyimpan halaman Web dengan frame, Anda harus menyimpan dokumen tersebut sebagai halaman Web lengkap. Opsi penyimpanan lain tak bisa digunakan pada halaman Web berframe.
Menyimpan Halaman Web Lengkap
Untuk menyimpan home page Internet Explorer sebagai sebuah halaman Web lengkap, lakukan langkah berikut:
1 Jika perlu, jalankan Internet Explorer.
2 Ketikkan microsoft.com/windows/ie pada baris Address, lalu tekan Enter.
3 Pada menu File, klik Save As.
5 Kotak dialog Save Web Page muncul.
6 Jika perlu, klik panah drop-down Save In, dan klik Desktop.
7 Pada kotak teks File Name, pilih nama file yang ada, dan ketikkan Complete Web Page.
8 Dokumen yang Anda simpan akan diberi nama Complete Web Page.
9 Jika perlu, klik panah drop-down Save As Type, klik Web Page, Complete (*.htm,*.html), lalu klik Save.
Sebuah progress bar menampilkan perkembangan operasi saat elemen halaman tersebut disimpan. Dokumen dan folder tersebut akan disimpan pada desktop Anda.
Menyimpan Hanya File HTML dari Halaman Web
Untuk menyimpan home page Microsoft Word sebagai file HTML, lakukan langlah berikut:
1 Ketikkan microsoft.com/office/word pada baris Address, dan tekan Enter.
2 Pada menu File, klik Save As.
3 Kotak dialog Save Web Page muncul.
4 Jika perlu, klik panah drop-down Save In, dan klik Desktop.
5 Pada kotak teks File Name, ketik HTML Only.
6 Klik panah drop-down Save As Type, klik Web Page, HTML Only (*.htm,*.html), lalu klik Save.
Sebuah progress bar menampilkan perkembangan operasi saat elemen halaman Web tersebut disimpan. Dokumen akan disimpan di desktop Anda sebagai file HTML.
Menyimpan Halaman Web Sebagai File Teks
Untuk menyimpan home page Microsoft Excep sebagai file teks, lakukan langkah berikut:
1 Ketikkan microsoft.com/office/excel pada baris Address, dan tekan Enter.
2 Pada menu File, klik Save As.
3 Kotak dialog Save Web Page muncul.
4 Jika perlu, klik panah drop-down Save In, dan klik Desktop.
5 Pada kotak teks File Name, ketikkan Text File.
6 Klik panah drop-down As Type, klik Text File (*.txt), lalu klik Save.
Sebuah progress bar menampilkan perkembangan operasi saat elemen halaman disimpan. Dokumen disimpan sebagai file teks tanpa tag format HTML.
7 Klik tombol Close di sudut kanan atas jendela Internet Explorer, dan minimalkan setiap jendela yang sedang dibuka pada desktop.
Anda bisa mengklik hyperlink pada halaman Web yang disimpans ecara lengkap atau diarsipkan untuk mengakses halaman Web yang di-link di Internet.
Menampilkan Halaman Web yang Telah Disimpan
Untuk menampilkan halaman Web yang telah disimpan, lakukan langkah ini:
Penting
Langkah-langkah pada bagian ini mengasumsikan bahwa Anda menggunakan halaman Web yang ada pada folder Lesson01, Part VI yang ada di dalam folder Computer Fundamentals Practice di hard disk Anda.
1 Klik tombol Start.
2 Klik ikon My Computer.
3 Klik ganda ikon Local Disk (C:).
4 Klik ganda folder Unlimited Potential di hard disk Anda.
5 Klik ganda folder Computer Fundamentals Practice.
6 Klik ganda folder Part VI, lalu folder Lesson01.
Anda akan melihat file-file berikut ditampilkan pada folder tersebut.

7 Klik ganda ikon Complete Web Page.
Sebuah salinan lengkap dari halaman Web yang telah disimpan muncul pada Internet Explorer dengan semua gambar dan komponen lain yang ada di halaman tersebut. Alamat lokalnya ditampilkan pada baris Address.
8 Klik ganda ikon HTML Only.
Sebuah versi yang sudah dimodifikasi dari halaman Web yang telah disimpan muncul pada Internet Explorer. Gambarnya tidak ditampilkan, karena tidak disimpan dalam file tersebut.
9 Klik ganda ikon Text File.
Sebuah file teks ditampilkan tanpa format apapun. File teks tersebut muncul pada Notepad atau program pengedit teks lain, bukan pada jendela Internet Explorer.
10 Klik tombol Close di sudut kanan atas program pengedit teks tersebut.
Rangkuman Bab
Bab ini memperkenalkan Anda pada browser Web dan alamat Web. Anda telah belajar cara berkoneksi ke Internet dan menjelajah Web. Terakhir Anda juga belajar cara mencetak dan menyimpan halaman Web.
Jika Anda melanjutkan ke bab selanjutnya:
• Klik tombol Close di sudut kanan atas layar Internet Explorer untuk menutup browser Anda.
Jika Anda tak melanjutkan ke bab selanjutnya:
• Klik tombol Close di sudut kanan atas layar Internet Explorer untuk menutup browser Anda.
Kuis
1 Apakah browser itu?
2 Apakah URL itu?
3 Bagaimana cara kerja hyperlink?
4 Sebutkan berbagai cara untuk menghubungkan komputer ke Internet.
5 Jelaskan batasan sejauh mana Anda bisa menggunakan material dari Internet tanpa harus meminta ijin dari Webmaster situsnya.
6 Sebutkan tiga cara untuk menyimpan halaman Web.

Praktek
Latihan 1: Bukalah menu Start dan pilih Internet Explorer dari daftar program Anda. Ketikkan microsoft.com pada field Address dan tekan Enter untuk masuk ke situs Web Microsoft. Luangkan beberapa menit mengklik hyperlink yang ada dan untuk mengeksplorasi situs tersebut.
Latihan 2: Mengatur home page baru untuk Internet Explorer Anda. Jalankan Internet Explorer, buka menu Tools, dan klik Internet Options. Ketikkan URL lain pada kotak Address, lalu klik tombol OK.
Latihan 3: Menampilkan dan mencetak halaman Web. Jalankan Internet Explorer, ketikkan alamat URL yang ingin Anda cetak pada baris Address, lalu tekan Enter. Pada menu File, klik Print Preview. Klik tombol Print pada toolbar. Terakhir, lakukan perubahan yang Anda inginkan pada kotak dialog ini dan klik tombol Print.
Latihan 4: Menyimpan gambar pada halaman Web. Jalankan Internet Explorer, ketikkan alamat URL yang ingin Ada kunjungi, dan tekan Enter. Klik kanan salah satu gambar di halaman tersebut, dan pada menu yang muncul, klik Save Picture As. Terakhir, pilihlah lokasi tempat Anda akan menyimpan gambar ini, lalu klik tombol Save.
Mengelola File dan Folder
Setelah menyelesaikan bab ini, Anda akan bisa:
 Menampilkan dan membuka folder.
 Membuka, mengedit, dan menyimpan file.
 Mencetak file.
 Menyortir file.
 Membuat file dan folder.
 Memindah, menyalin, dan mengubah nama file and folder.
 Menghapus file dan folder.
File adalah sebagian dari beberapa sumberdaya terpenting yang akan Anda gunakan di Microsoft® Windows XP Professional. Setiap dokumen, gambar, atau suara yang Anda gunakan adalah sebuah file. Program (seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel) sebenarnya adalah sekumpulan file. Windows sendiri adalah gabungan dari ratusan file, setiap file punya kegunaan sendiri. Sebagai contoh, satu file berisi suara yang berbunyi saat Windows dijalankan, dan file lain berisi suara yang berbunyi saat Windows dimatikan. File bahkan menentukan bentuk penunjuk mouse dan hasil dari mengklik sebuah item.
Untuk mengingat semua file, Anda perlu mengelompokkan file secara logis. Pada Windows, Anda melakukannya dengan membuat folder, yang menyimpan file-file yang berhubungan. Umpamakan folder seperti lemari dapur. Satu lema-ri menyimpan makanan, dan lainnya menyimpan piring. Satu lemari menyim-pan piring kaca, lemari lainnya menyimpan gelas, dan lemari ketiga menyim-pan peralatan masak. Pada Windows, satu folder mungkin menyimpan doku-men yang Anda buat (seperti memo dalam Word atau workbook dalam Excel), sementara folder lainnya menyimpan gambar yang didownload dari Internet.
Anda juga bisa membagi lemari dapur Anda: satu rak untuk gelas, lainnya untuk cangkir kopi, dan seterusnya. Jika punya banyak gelas, Anda bisa membagi-bagi rak tersebut, piala di sisi kiri dan gelas brandy di sisi kanan. Pada Windows, Anda bisa memiliki folder di dalam folder untuk memberikan penataan yang lebih baik.
Saat Microsoft Windows XP diinstal di komputer, ia membuat empat folder sistem (system folder):
Documents and Settings. Folder ini berisi subfolder untuk setiap profil pengguna (user profile)—setiap penguna yang telah logon ke komputer itu atau ke domain jaringan menggunakan komputer tersebut. Windows XP mungkin membuat beberapa profil untuk satu orang jika orang tersebut logon dengan cara yang berbeda. Contohnya, Anda bisa memiliki satu folder yag Anda gunakan yang saat Anda logon ke domain dan folder lain saat Anda tidak logon ke domain.
Program Files. Ini adalah folder tempat program-program menginstal fi-le-file yang dibutuhkannya untuk bekerja. Saat menginstal program baru, Anda diberi kesempatan mengubah folder instalasi; jika Anda menerima defaultnya, maka program akan diinstalasi di lokasi ini.
temp. Sistem operasi dan beberapa program lainnya mungkin menyimpan file sementara di folder ini.
WINDOWS atau WINNT. Sebagian besar file sistem operasi yang penting disimpan pada folder ini. Anda bisa melihat, tetapi kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan, jangan sentuh!
Di dalam setiap subfolder profil pada folder Documents and Settings, Windows XP membuat tiga folder:
My Documents. Folder ini adalah tempat untuk menyimpan dokumen, spreadsheet, dan file-file lain yang ingin Anda akses dengan cepat.
My Pictures. Subfolder My Documents ini memiliki kemampuan khusus untuk menangani file-file gambar.
My Music. Subfolder My Documents ini memiliki kemampuan khusus untuk menangani file-file musik.
Anda sama sekali tidak perlu menyentuh folder-folder yang digunakan dan dibuat oleh program Anda, tetapi mengetahui cara menata file yang Anda buat sangatlah penting jika Anda ingin menggunakan komputer secara effisien.
Pada bab ini, Anda akan mengenal beberapa cara untuk melihat dan mengelola file dan folder Anda. Anda belajar cara membuka dan menutup file dan folder, cara membuat dan menghapus file dan folder, serta cara mengelolanya.
Untuk menyelesaikan latihan pada bab ini, Anda akan menggunakan folder Part II, Lesson02 pada folder Computer Fundamentals Practice dan beberapa file yang terdapat pada folder di dalamnya: CL Clients, Adventure Brochure Text, AW What’s New, Pic00005, Staff, Main Building, dan To Do List.
Melihat dan Membuka Folder
Dua cara paling populer untuk membuka folder adalah dengan menggunakan My Computer atau Windows Explorer. My Computer menampilkan semua sumberdaya di komputer Anda, termasuk ikon untuk disk drive dan jaringan. Windows Explorer menampilkan file dan folder di komputer dan jaringan Anda.
Pada Windows, My Computer dan Windows Explorer hampir mirip. Perbedaan utamanya adalah panel Folders tampil secara default di Windows Explorer dan tidak di My Computer. Tetapi, Anda bisa dengan mudah menambahkan panel Folders pada My Computer dengan mengklik tombol Folder di toolbar Standard Buttons. Anda bisa membuka My Computer dengan mengklik ganda ikon My Computer di desktop. Anda bisa membuka Windows Explorer dengan mengklik tombol Start, menunjuk All Programs, menunjuk Accessories, lalu mengklik Windows Explorer pada submenu Accessories. Memilih antara menggunakan My Computer atau Windows Explorer untuk menampilkan file, folder, dan sumberdaya lain hanyalah masalah preferensi pribadi.
Saat Windows Explorer pertama kali dibuka, sisi kiri jendela tersebut menampilkan panel Folders. Sisi kanan jendela tersebut menampilkan isi folder yang dipilih pada panel Folders. Secara default, folder My Documents dipilih saat Anda membuka Windows Explorer.
Untuk membuka sebuah folder, klik ganda folder tersebut pada panel Folders. Saat Anda mengklik ganda sebuah folder, isinya akan tampil di panel kanan, menggantikan isi folder yang Anda pilih sebelumnya. Jika folder baru tersebut berisi subfolder (folder dalam folder), Anda bisa mengklik ganda subfolder itu dan terus membuka folder tingkat di bawahnya sampai Anda mendapatkan file atau folder yang Anda cari. Untuk kembali ke folder tingkat di atasnya, klik tombol Up pada toolbar Standard Buttons. Untuk kembali ke folder lain yang dibuka sebelumnya, klik tombol Back pada toolbar Standard Buttons.
Struktur folder dan subfolder bisa cukup luas, tapi Anda hanya melihat folder tingkat teratas ketka mulai menavigasi pada panel Folders. Klik tanda plus di sebelah kiri ikon folder untuk melihat semua subfoldernya. Jika satu folder diperluas, tanda plus berubah menjadi tanda minus. Klik tanda minus untuk menutup daftar subfolder sehingga hanya folder tingkat yang lebih tinggi yang tampak. Anda juga bisa mengklik ganda sebuah folder untuk memperluas folder tersebut. Mengklik ganda sebuah folder tidak hanya memperluas folder tersebut pada panel kiri jendela, tetapi juga menampilkan seluruh file dan folder tingkat yang lebih rendah pada panel kanan jendela.
Di sisi kanan jendela Windows Explorer, Anda bisa melihat file dan folder dengan beberapa cara. Anda bisa menampilkan thumbnail atau slideshow dari file grafis, menampilkan bentuk file dan folder sebagai ubin (tile) atau ikon, atau daftar file secara detail dan tidak begitu detail. Opsi tampilan untuk setiap folder terdapat pada toolbar jendela folder tersebut, dan bisa berbeda-beda tergantung isi folder tersebut. Tampilan yang ada mencakup:
Tampilan Details menampilkan daftar file atau folder dan propertinya. Properti yang ditampilkan secara default untuk setiap file atau fol-der adalah Name, Size, Type, dan Date Modified. Untuk gambar, defaultnya juga mencakup Date Picture Taken dan Dimensions. Anda juga bisa menampilkan beragam properti lain yang terkait dengan tipe file tertentu, termasuk Date Created, Date Accessed, Attributes, Status, Owner, author, title, Subject, Category, Pages, Comments, Copyright, Artist, Album Title, Year, Track Number, Genre, Duration, Bit Rate, Protected, Camera Model, Company, Description, File Version, Product Name, dan Product Version.
Tampilan Filmstrip menampilkan gambar yang sedang dipilih di bagian atas jendela di atas satu baris gambar-gambar lain di folder tersebut yang tampil dalam ukuran kecil. Pilihan ini hanya terdapat pada folder My Picture dan subfoldernya.
Tampilan Icons menampilkan ikon dan nama file untuk setiap file atau folder pada folder yang aktif.
Tampilan List menampilkan daftar file dan folder pada folder yang aktif, tanpa informasi tambahan selain nama file dan ikon tipe file.
Tampilan Thumbnails menampilkan sampai empat tampilan miniatur file yang ada di setiap folder. Thumbnail ini ditampilkan di atas ikon folder yang berukuran sekitar satu setengah inci persegi. Thumb-nail dari setiap file menampilkan miniatur file tersebut jika tipenya sesuai (seperti grafis), atau ikon yang merepresentasikan tipe file tersebut. Nama file atau folder ditampilkan di bawah thumbnail.
Tampilan Tiles menampilkan ikon tipe file atau ikon folder berukuran besar, nama file atau folder tersebut, dan maksimum dua tambah-an informasi lain untuk setiap file pada folder yang aktif. Informasi tambahan tersebut berbeda-beda tergantung pada tipe filenya.
Tipe-Tipe Folder
Saat melihat beragam folder berbeda pada Windows Explorer, Anda mungkin memperhatikan bahwa sebagian folder tampak seperti map kertas yang seder-hana, sementara folder lainnya memiliki simbol yang timbul (embossed). Bia-sanya, folder dengan simbol timbul menunjukkan komponen Windows, seperti Control Panel. Tetapi, ketiga tipe folder lainnya memiliki arti yang khusus.
Folder yang terbuka dengan sehelai kertas menjulur keluar dan kabel koneksi di bawah folder menunjukkan folder jaringan (network folder), yaitu folder yang dibagipakai dari komputer lain di jaringan. Folder yang tampak dipegang tangan menunjukkan folder yang dibagipakai (shared folder), yaitu folder yang dibagipakai dari komputer Anda melalui jaringan.
Windows XP memiliki beberapa tipe folder khusus. Menyimpan file dengan tipe yang sesuai pada salah satu dari folder ini memungkinkan Anda menggunakan fasilitas yang ditujukan untuk tipe tersebut, seperti memainkan klip musik atau menampilkan foto. Tipe–tipe folder tersebut mencakup:
Documents
Pictures
Photo Album
Music
Music Artist
Music Album
Videos
Pada latihan ini, Anda akan menjelajahi folder di Windows Explorer dan membuka folder Computer Fundamentals Practice.
1 Klik tombol Start, tunjuk All Programs, tunjuk Accessories, lalu klik Windows Explorer.
Windows Explorer membuka.

2 Klik tanda plus di kiri My Computer pada panel Folders.
Folder My Computer membuka untuk menampilkan daftar semua perangkat (seperti disk drives dan CD-ROM drives) yang terhubungkan ke komputer Anda, dan juga Control Panel.
3 Klik tanda plus di kiri Local Disk pada panel Folders. (Jika Anda memiliki lebih dari satu disk lokal, klik tanda plus di samping disk lokal yang berlabel drive C.)
Anda mungkin memiliki banyak folder pada cabang ini karena ini merupakan area penyimpanan utama
4 Gulung ke bawah panel Folders sampai Anda melihat folder Unlimited Potential.
5 Klik tanda plus di sebelah kiri folder Unlimited Potential pada panel Folders. Folder Unlimited Potential membuka untuk menampilkan folder Computer Fundamentals Practice.
6 Klik folder Computer Fundamentals Practice, lalu Part II, kemudian Lesson02. File-file latihan tampil di panel kanan jendela tersebut.
7 Klik tiga kali tombol Back pada toolbar Standard Buttons.
Folder My Documents muncul kembali karena itulah folder yang ditampilkan sebelum Anda mengklik folder Unlimited Potential.
8 Pada panel Folders, Klik tanda minus di kiri My Computer.
Folder My Computer menutup.
Membuka, Mengedit, dan Menyimpan File
Setelah menemukan sebuah file dengan mencarinya menggunakan Windows Explorer atau My Computer, Anda bisa mengklik ganda file tersebut untuk membukanya, lalu memodifikasinya sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, Anda bisa mengedit teks dalam dokumen atau mengubah warna pada gambar. Sebuah file dihubungkan dengan program yang digunakan untuk membacanya, jadi jika Anda mengklik ganda file yang dibuat dengan Notepad, program Notepad akan membuka dan menampilkan file tersebut. Jika Windows tak menemukan program yang diasosiasikan dengan file itu atau jika Anda ingin menggunakan program selain program yang diasosiasikan dengan file itu, gunakan perintah Open With (yang ada di menu shortcut yang muncul saat Anda mengklik kanan file tersebut).
Semua file memiliki nama, dan semua nama file terdiri dari dua bagian—nama dan ekstensi (extension)—dipisahkan dengan titik. Tipe file atau program pembuat file itu ditunjukkan dengan ekstensi. Ekstensi adalah singkatan (biasanya tiga, dua atau empat huruf) tipe file. Defaultnya, Windows XP menyembunyikan ekstensi file. Jika ingin melihat ekstensi file, buka My Documents (atau folder apapun) pada Windows Explorer, dan pada menu Tools, klik Folder Options, dan tampilkan tab View. Hapus tanda cek pada Hide extension for known file types, lalu klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut dan menerapkan setting Anda.
File juga memiliki ikon, yang merupakan representasi grafis tipe file. Bergantung cara Anda melihat file, Anda akan melihat ikon yang besar, kecil, atau tanpa ikon.
Lebih jauh tentang Ekstensi dan Ikon
Baik Anda bisa melihat ekstensi dan ikon atau tidak, setiap file memiliki satu ekstensi dan ikon yang sesuai. Ikon yang tampil bersama nama file di Windows Explorer menunjukkan program yang diasosiasikan dengan tipe file tersebut. Berikut adalah beberapa tipe file, ekstensi dan ikon yang umum:

File dan Nama Folder
Nama fle dan folder bisa berupa kombinasi huruf, angka, dan spasi dengan panjang maksimal 255 karakter. Sejumlah karakter khusus, seperti strip dan koma, dibolehkan pada nama, tetapi lainnya, seperti titik dua, garis miring, dan tanda tanya tidak boleh. Anda bisa menghindari keharusan mengingat karakter khusus mana yang dibolehkan dengan hanya menggunakan huruf, angka, dan spasi ketika membuat nama file dan folder.
Pada latihan ini, Anda membuka sebuah file menggunakan program default yang diasosiasikan dengannya. Lalu Anda memilih sebuah program yang akan digunakan ketika membuka sebuah file.
1 Jika perlu, buka Windows Explorer, dan klik tombol Maximize di sudut kanan atas jendela.
2 Pada panel Folders, klik tanda plus di kiri My Computer.
Folder My Computer membuka.
3 Jika perlu, klik tanda plus di sebelah kiri Local Disk, gulung ke bawah, lalu klik folder Unlimited Potential.
4 Klik tanda plus di sebelah kiri folder Unlimited Potential pada panel Folders. Folder Unlimited Potential membuka dan menampilkan folder Computer Fundamentals Practice,
5 Klik folder Computer Fundamentals Practice, lalu klik folder Part II, dan kemudian klik folder Lesson02. File latihan muncul di panel kanan jendela tersebut.

6 Di panel kanan jendela Windows Explorer, klik ganda file Staff.
Ini adalah file HTML, jadi browser default Anda membuka, dan file Staff tampil pada jendela browser.

7 Klik tombol Close di sudut kanan atas jendela browser.
Jendela browser menutup.
8 Pada Windows Explorer, klik kanan file bernamaTo Do List.
Menu shortcut muncul.

9 Pada menu shortcut, klik Open With.
Kotak dialog Open With muncul.

10 Gulung ke bawah daftar Choose the program you want to use, klik WordPad, lalu klik OK.
File bernama To Do List membuka pada WordPad.
11 Ketik Things, dan tekan spacebar.
Judul pada dokumen sekarang terbaca Things To Do.
12 Klik tombol Close di sudut kanan atas jendela WordPad.
Sebuah kotak peringatan muncul, meminta Anda menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
13 Klik Yes untuk menyimpan perubahan tersebut.
Kotak peringatan lain muncul, memperingatkan Anda bahwa file akan disimpan dengan format text-only yang akan menghapus semua pengaturan format yang sudah Anda buat.
14 Klik Yes untuk mengkonfirmasi keputusan itu.
WordPad menutup.
Mencetak file
Anda bisa mencetak file langsung dari Windows Explorer tanpa terlebih dulu membukanya. Ini akan menghemat waktu jika Anda punya beberapa dokumen yang tak perlu diubah—langsung mencetaknya menggunakan setting default.
Untuk mencetak dari Windows Explorer, buka folder yang berisi file yang akan dicetak, klik kanan file itu, lalu klik Print. Windows akan membuka file meng-gunakan program yang membuatnya, mencetak file itu, lalu menutup program dan file itu. Anda juga bisa memilih beberapa dokumen untuk dicetak sekaligus dari Windows Explorer. Tahan Ctrl, dan klik setiap file yang ingin Anda cetak.
Pada latihan ini, Anda mencetak dokumen dari folder Computer Fundamentals Practice.
1 Jika perlu, hidupkan printer, dan carilah folder Computer Fundamentals Practice pada Windows Explorer, kemudian folder Part II, lalu folder Lesson02.
2 Klik kanan file AW What’s New.
Menu Shortcut muncul.
3 Pada menu shortcut, klik Print.
Jendela Notepad muncul sesaat, lalu menghilang saat pencetakan dimulai.
Menyortir File
Ketika bekerja dengan banyak file, Anda akan perlu mencari file yang Anda inginkan secara cepat dan efisien. Satu cara mudah mencari file adalah dengan mengelompokkan isinya menggunakan karakteristik tertentu, seperti tanggal. Lalu Anda bisa mencarinya dengan mudah jika tahu tanggal menyimpannya.
Ada beberapa cara menampilkan file di Windows Explorer—sebagai ikon besar atau kecil, pada daftar nama file, pada daftar detail file (seperti kapan terakhir kali setiap file dimodifikasi), atau sebagai nama file dengan thumbnail (representasi kecil dari file; dalam hal ini, ikon yang mewakili file). Saat menyortir file, lebih baik Anda menampilkannya dalam tampilan Details. Tampilan Details menampilkan setiap file dalam satu baris, dengan kolom untuk nama file, besarnya ruang penyimpanan yang diperlukannya, tipe file itu, dan tanggal terakhir file tersebut disimpan. Pada tampilan Details, Anda bisa mengklik heading kolom untuk menyortir file berdasarkan kolom itu.
Pada latihan ini Anda melihat file dalam tampilan Details, dan menyortirnya berdasarkan ukuran dan tanggal terakhir file tersebut dimodifikasi.
1 Jika perlu, buka folder Computer Fundamentals Practice pada Windows Explorer, dan klik tombol Folders pada toolbar Standard Buttons untuk menutup panel Folder.
Anda tak perlu membuka panel Folder, karena hanya akan bekerja dengan file-file di folder Computer Fundamentals Practice.
Tip
Saat tampilan Folders dimatikan, panel File dan Folder Task muncul di kiri jendela tempat panel Folders sebelumnya berada. Pada panel Task ini ada opsi untuk menjalankan beberapa tipe operasi file, seperti mengubah nama file, menyalin atau memindahkan file, menghapus file, dan opsi lainnya.
2 Klik tombol Views pada tombol toolbar Standard Buttons.
Menu Views muncul, tampilan default, Icons, terpilih.
3 Pada menu Views, klik Details.
Setiap file, termasuk informasi yang terkait, ditampilkan di baris ma-sing-masing. File-file itu disortir secara alfabet berdasarkan nama
4 Klik heading kolom Size.
File disortir berdasarkan ukuran, dari yang terkecil sampai terbesar.
5 Klik lagi heading kolom Size.
File disortir berdasarkan ukuran dengan urutan terbalik, dari yang terbesar sampai terkecil.
6 Klik heading kolom Date Modified.
File disortir bedasarkan tanggal, dari yang terlama sampai terbaru.
7 Klik tombol Views pada tombol toolbar Standard Buttons.
Menu Views muncul.
8 Klik Icons.
Folder kembali pada tampilan defaultnya.
Membuat File dan Folder
Folder sangat mudah dibuat pada Windows Explorer, dan tak ada batasan jumlahnya. Jadi sebaiknya Anda berpikir mengenai cara menata folder. Anda bisa membuat folder untuk setiap proyek besar, atau untuk setiap klien, atau untuk setiap bulan dalam setahun—tergantung bagaimana Anda ingin mengatur ruang penyimpanan Anda. Sebagai contoh, direktur pemasaran Contoso, Ltd membuat folder terpisah untuk Adventure Works. Pada folder tersebut, terdapat subfolder untuk grafis dan subfolder lain untuk halaman Web.
Anda juga bisa membuat file di Windows Explorer. Saat membuat file, Anda membuat sebuah tempat untuk tipe isi tertentu, seperti file gambar atau teks, dengan memberi nama yang sesuai. Lalu Anda mengisinya di lain waktu. Proses ini berkebalikan dari cara biasa untuk membuat file yang mencakup membuka program seperti Notepad, memasukkan data, dan kemudian menyimpan data tersebut sebagai file.
Ada beberapa manfaat membuat file di Windows Explorer ketimbang membuatnya pada sebuah program. Salah satu manfaatnya, pembuatan file di Windows Explorer lebih cepat karena Anda tak perlu menjalankan program, dan Windows Explorer membuat struktur untuk file dengan sebelumnya menentukan nama dan program yang akan digunakan untuk menjalankannya. Beberapa bulan lalu, direktur pemasaran Contoso, Ltd. mempekerjakan kontraktor untuk menulis beberapa materi iklan. Sebelum kontraktor tersebut memulai tugasnya, direktur pemasaran sudah membuat file-file yang diperlukan agar ia tidak perlu mencari setelah kontraktor menyelesaikan pekerjaannya. Waktu yang diluangkan oleh direktur pemasaran selama beberapa menit untuk membuat file-file sebelumnya akan banyak menghemat waktunya di kemudian hari saat mengerjakan tugas tersebut.
Pada latihan ini, Anda akan membuat dua folder, satu untuk Adventure Works dan satu untuk copywriter freelance. Dalam direktori copywriter, Anda membuat kerangka dari file yang akan dibuat oleh si copywriter.
1 Jika jendela Folder tidak tampak, klik tombol Folders pada toolbar.
Jendela Folders muncul.
2 Pada jendela Folders, klik folder Computer Fundamentals Practice, jika perlu, kemudian folder Part II, lalu folder Lesson02.
3 Pada menu File, tunjuk ke New.
Menu New muncul.
4 Pada menu New, klik Folder.
Folder baru bernama New Folder muncul.
5 Ketik Adventure Works, dan tekan Enter.
Folder tersebut memiliki nama baru.
Tip
Anda juga bisa membuat folder dengan mengklik kanan area kosong di panel folder Computer Fundamentals Practice, arahkan ke New pada menu shortcut, dan klik Folder.
6 Ulangi langkah 2 sampai 5 untuk membuat folder bernama Freelance Copy.
Jendela akan tampak sama dengan ilustrasi berikut.

7 Klik ganda folder Freelance Copy.
Folder tersebut kosong.
8 Pada menu File, tunjuk New, lalu klik Text Document.
File baru dengan nama New Text Document muncul.
9 Ketik Adventure Works Mystery Weekends.txt, dan tekan Enter.
File baru sudah diberi nama.
10 Klik area kosong pada folder untuk menghilangkah pilihan pada file tersebut, dan ulangi langkah 8 dan 9 untuk membuat file lainnya dengan nama Fall Canoe Trips.txt.
Folder Freelance Copy sekarang memiliki dua file teks kosong.
11 Klik ganda Fall Canoe Trips.
Dokumen tersebut membuka pada Notepad.
12 Ketik Watch for our upcoming schedule of guided canoe trips.
13 Klik tombol Close di sudut kanan atas jendela Notepad, dan klik Yes untuk menyimpan perubahan pada file.
Notepad menutup.
14 Klik ganda tombol Up pada toolbar Standard Buttons di jendela Freelance Copy.
Isi folder Computer Fundamentals Practice tampil kembali.
Memindah, Menyalin, dan Mengubah Nama File dan Folder
Seperti halnya Anda kadang-kadang harus menata ulang ruang lemari dan laci, Anda juga suatu saat akan merasa perlu menata ulang file dan folder Anda. Anda mungkin, misalnya, ingin memindah file dari foldernya saat ini ke sebuah folder baru yang telah Anda buat, atau menyalin sebuah folder sehingga Anda memiliki versi asli dari semua isinya dan duplikat yang bisa digunakan untuk bereksperimen. Anda mungkin perlu mengubah nama file atau folder agar bisa lebih baik merefleksikan isinya.
Anda bisa memindah dan menyalin file atau or folder dengan perintah Move To Folder dan Copy To Folder di menu Edit pada Windows Explorer, atau Anda bisa menarik sebuah file atau folder dari satu tempat ke tempat lainnya. Jika Anda menarik file atau folder dari satu tempat ke tempat lain pada disk yang sama, Windows akan memindahkan item tersebut. Jika Anda menarik file atau folder dari satu disk ke disk lain, Windows akan menyalin item tersebut.
Untuk mengubah nama file atau folder, klik kanan file atau folder itu, dan klik Rename pada menu shortcut. Nama file akan dipilih. Ketik nama baru, dan tekan Enter. File tersebut memiliki nama baru.
Untuk bisa memilih apakah akan menyalin atau memindahkan file atau folder yang Anda tarik, klik kanan untuk menariknya. Saat Anda melepaskan tombol mouse untuk meletakkan item, menu shortcut tampil. Pada menu shortcut, Klik salah satu Copy Here or Move Here.
Pada latihan ini, Anda menarik sebuah file ke folder Adventure Works yang Anda buat pada latihan sebelumnya. Anda menyalin file ke folder itu dengan tombol Copy pada toolbar Standard Buttons. Terakhir, Anda mengubah nama file untuk memberi gambaran yang lebih baik tentang isinya. Anda harus menyelesaikan latihan sebelumnya sebelum Anda menyelesaikan latihan ini.
1 Pada folder Part II, Lesson02, klik file Adventure Brochure Text, dan tarik folder tersebut ke atas folder Adventure Works.
Setelah beberapa saat, file hilang dari folder Lesson02.
2 Klik ganda folder Adventure Works.
File Adventure Brochure Text muncul.
3 Klik tombol Back pada toolbar Standard Buttons.
Folder Lesson02 ditampilkan.
4 Klik file Main Building.
File ini digunakan untuk materi pemasaran Adventure Works.
5 Klik tombol Copy To Folder pada menu Edit.
Kotak dialog Copy Items muncul.

6 Browse folder Adventure Works, klik folder tersebut, dan klik Copy.
Kotak dialog Copy Items menutup. Karena Anda menyalin file tersebut, tidak ada perubahan di folder Lesson02.
7 Klik ganda folder Adventure Works.
Folder Adventure Works sekarang berisi dua file.
8 Klik tombol Back pada toolbar Standard Buttons.
Folder Lesson02 kembali ditampilkan.
9 Klik kanan file Pic00005, dan pada menu shortcut, klik Rename.
Nama file telah dipilih.
10 Ketik Fall Countryside, dan tekan Enter.
File tersebut memiliki nama baru.
Memilih Beberapa File
Anda telah mempelajari pada bab ini bahwa Anda bisa memilih satu file dengan mengkliknya. Tetapi terkadang Anda ingin memilih lebih dari satu file pada satu waktu. Contohnya, Anda perlu memindahkan kelompok file, atau mencetak beberapa file sekaligus. Ada dua cara untuk memilih beberapa file:
Shift+Klik Jika file-file yang ingin Anda pilih ditampilkan berderetan, klik file pertama pada kelompok itu, tahan Shift, dan kemudian klik file yang terakhir di kelompok itu.
Ctrl+Klik Jika file-file yang ingin Anda pilih ditampilkan berderetan, tahan Ctrl saat Anda mengklik setiap file. Jika Anda memilih file yang ternyata tidak Anda inginkan masuk dalam kelompok file ini, tahan Ctrl, dan klik lagi file tersebut untuk membatalkan.
Menghapus File dan Folder
Meski ruang disk sudah sangat murah, tetapi kuantitasnya masih tetap terbatas. Seperti sumberdaya lainnya yang terbatas, ruang disk harus dijaga dengan menghapus file dan folder yang tidak penting.
Menghapus file atau folder tak berarti menghapusnya dari disk seperti mengha-pus tulisan dengan penghapus. Ini lebih seperti memindahkan sesuatu ke tem-pat sampah. Pada akhirnya, tempat sampah itu akan penuh, dan Anda harus me-ngosongkannya. Terkadang, sesuatu dibuang ke tempat sampah tanpa sengaja, dan Anda harus mengeluarkannya dan mengembalikannya ke tempat asalnya.
Pada Windows, “tempat sampah” ini disebut Recycle Bin. Untuk mengirim file atau folder ke Recycle Bin, pilih item tersebut, dan tekan tombol Delete pada keyboard. Klik Yes untuk mengkonfirmasi penghapusan. Anda juga bisa mengirim file atau folder ke Recycle Bin dengan mengklik file atau folder itu untuk memilihnya, kemudian mengklik kanan, lalu mengklik opsi Delete pada menu shortcut. Untuk melihat isi Recycle Bin, klik ganda ikon Recycle Bin di desktop. Untuk memindahkan item dari Recycle Bin dan mengembalikannya ke lokasi asalnya di disk, klik item tersebut untuk memilihnya, lalu klik opsi Restore this item di sisi kiri jendela Recycle Bin. Untuk secara permanen menghapus sebuah item dari Recycle Bin, klik item tersebut, lalu klik opsi Delete pada menu File. (Anda juga bisa mengklik kanan item tersebut dan memilih Delete dari menu yang muncul.) Klik Yes untuk mengkonfirmasi penghapusan. Untuk secara permanen menghapus apapun pada Recycle Bin, klik opsi Empty the Recycle Bin di sisi kiri jendela Recycle Bin.
Penting
Menghapus file atau folder secara permanen dari Recycle Bin tak bisa diba-talkan. Karena itu berhati-hatilah saat mengosongkan Recycle Bin. Anda juga harus tahu bahwa file dan folder yang dihapus dari floppy disk atau jaringan akan terhapus secara permanen—tidak dikirim ke Recycle Bin.
Pada latihan ini, Anda menghapus file dan folder, dan mengembalikan folder yang terhapus dari Recycle Bin ke tempat awalnya.
1 Jika perlu, buka folder Lesson02.
2 Klik file bernama To Do List, dan klik tombol Delete pada keyboard.
Kotak dialog Confirm File Delete muncul.
3 Klik Yes untuk mengkonfirmasi penghapusan.
File tersebut akan dihapus dari folder Lesson02 Practice.
4 Klik folder Freelance Copy, klik tombol Delete pada keyboard Anda, lalu klik Yes untuk mengkonfirmasi penghapusan.
Folder Freelance Copy terhapus dari folder Lesson02.
5 Klik tombol Show Desktop pada Quick Launch Bar.
Desktop ditampilkan.
6 Pada desktop, klik ganda ikon Recycle Bin.
Recycle Bin ditampilkan.
7 Klik folder Freelance Copy.
Folder tersebut dipilih, dan informasi tentang folder tampak pada bagian Details di sebelah kiri jendela Recycle Bin.
8 Di sebelah kiri jendela, klik opsi Restore this item.
Sesaat kemudian, folder Freelance Copy hilang dari Recycle Bin.
9 Klik tombol Close di sudut kanan atas jendela Recycle Bin.
Recycle Bin menutup.
10 Klik tombol Lesson02 pada taskbar.
Jendela Lesson02 tampil kembali, dan folder Freelance Copy kembali ada di dalamnya.
11 Klik ganda folder Freelance Copy.
File-file yang ada di folder tersebut, yang sebelumnya dihapus bersama folder tersebut kembali hadir secara utuh.
12 Klik tombol Close di sudut kanan atas jendela Freelance Copy.
Jendela menutup, dan desktop tampil kembali.
Rangkuman Bab
Pada bab ini, Anda telah mempelajari cara menata file dan folder. Anda belajar tentang Windows Explorer dan cara memanggil file tertentu. Anda telah belajar cara menyortir dan mencetak file tanpa harus membukanya. Anda juga belajar cara membuat, memindahkan, menyalin, dan mengubah nama file dan folder. Terakhir, Anda belajar cara menggunakan Recycle Bin untuk membuang file dan folder yang tidak lagi diperlukan.

Jika Anda melanjutkan ke bab berikutnya:
Tutup semua jendela yang terbuka. Desktop harus tetap ditampilkan.
Jika Anda tidak melanjutkan ke bab lainnya:
1 Tutup semua jendela yang terbuka, dan klik tombol Start di taskbar.
2 Klik Shut Down pada menu Start. Jika perlu, klik tanda panah bawah di kotak dialog Windows Shut Down, dan klik Shut Down. Klik OK. (Untuk komputer Windows XP non jaringan, klik tombol Start, lalu klik Turn Off Computer, dan klik opsi Turn Off pada kotak dialog yang muncul.)
3 Setelah Windows mati, matikan komputer dan, jika perlu, matikan juga seluruh perangkat hardware lainnya.
Kuis
1 Sebutkan dua cara paling populer untuk mencari folder pada Windows XP.
2 Bagaimana Anda membuka file?
3 Tipe file apa yang memiliki ekstensi file .mdb? ekstensi file .wav?
4 Karakter khusus apakah yang tidak bisa digunakan sebagai nama file?
5 Kombinasi tombol apa yang Anda gunakan untuk memilih kelompok file yang ditampilkan berderetan? Kelompok file yang tidak tidak ditampilkan berderetan?
6 Anda mengubah nama sebuah file dan segera setelah itu Anda tidak menyukai nama barunya. Apa yang Anda lakukan?
Praktek
Latihan 1: Pada latihan ini, Anda membuat folder yang dikompresi. Awali dengan memilih file yang ingin Anda masukkan dalam folder. Berikutnya, klik kanan pilihan tersebut, dan pada menu shortcut, tunjuk Send To. Terakhir, klik Compressed (zipped) Folder.
Latihan 2: Pada latihan ini, Anda menjelajahi dukungan online untuk Windows XP. (Catatan: Anda memerlukan sambungan langsung ke Internet untuk melengkapi latihan ini.) Klik tombol Start, dan klik Help and Support. Di bawah Pick a Help Topic, klik Windows Basics. Bacalah beberapa tutorial online, termasuk Keeping Windows up to date.

About these ads